Kamis, 01 Februari 2024

Pemanfaatan Artificial Intellegence (AI) Guncang MTs Muhammadiyah Bantul : Kolaborasi Inovatif Guru SD dan MTs/SMP sederajat

 


Bantul, 1 Februari 2024 - MTs Muhammadiyah Bantul menjadi saksi kemajuan teknologi dalam pendidikan dengan menggelar Workshop Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) hari Kamis tepatnya hari ini. Acara ini diikuti dengan antusias oleh guru - guru SD dan guru MTs/SMP sederajat.

Dalam workshop yang diadakan di MTs Muhammadiyah Bantul, peserta diajak mengenal dan mendalami berbagai aplikasi AI yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Bapak Kun Purwanto selaku anggota Majelis Pendidikan Dasar, Menengah dan Non Formal (Dikdasmen dan PNF) Pimpinan Daerah Kabupaten Bantul berkenan untuk membuka acara ini sekaligus sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Pemanfaatan AI di MTs Muhammadiyah Bantul. Beliau juga menyampaikan bahwasannya pemanfaatan AI dapat memfasilitasi evaluasi adaptif dan memberikan solusi inovatif dalam merespon tantangan pendidikan pada masa kini.

Ibu Etyk Nurhayati, selaku pengawas Pembina MTs Muhammadiyah Bantul dalam sambutannya juga mengapresiasi dengan dilaksanakannya workshop ini. Beliau yang sangat open minded juga menyampaikan bahwasannya pada masa yang akan datang teknologi ini akan sangat berguna dan diperkirakan akan banyak pekerjaan yang tidak akan membutuhkan tenaga manusia lagi, melainkan dengan memanfaatkan teknologi. Oleh karena itu, sebagai Guru harus bisa berjalan beriringan dengan kemajuan zaman ini.

Bapak Ma'ruf Yuniarno, selaku Kepala MTs Muhammadiyah Bantul yang sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Beliau menyampaikan tujuan dari workshop adalah guru-guru dapat lebih siap menghadapi perkembangan teknologi dan menerapkan inovasi dalam pendidikan khususnya dalam pembelajaran. Workshop Pemanfaatan AI di MTs Muhammadiyah Bantul diharapkan menjadi langkah awal yang memberikan dampak positif dalam peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Bantul. (un)